Selasa, 23 November 2010

Icon Wisata Kutai Kartanegara

disini gw pengen nunjukin pada lu semua beberapa icon wisata yang ada di Kutai Kartanegara..
cekdisot gan!!

1. Jembatan Kutai Kartanegara
Jembatan Kutai Kartanegara adalah sarana penghubung antara Tenggarong Seberang,Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara. Panjang jembatan adalah 580 Meter. Jembatan ini dibangun menyerupai Jembatan Golden Gate yang terdapat di San Fransisco.
Di kawasan Jembatan Kutai Kartanegara juga terdapat Jam Bentong yang merupakan sebuah Tugu yang terdapat taman-taman yang terlihat asri dan indah jika dilihat dari atas jembatan. Di dekat jembatan dibangun sarana olahraga panjat dinding sebanyak 2 buah. Kawasan ini setiap sorenya selalu dipenuhi oleh pengunjung yang dapat menikmati keindahan Jembatan Kutai Kartanegara serta memandang Pulau Kumala dari kejauhan.


nah dibawah jembatan kutai kartanegara ini ada taman yang di buat sebagai tempat nongkrong anak-anak Tenggarong bahkan masyarakat dari luar kota Tenggarong

Taman Bawah Jembatan


  


2. Jam Bentong
Jam Bentong (jam besar) terletak di sekitar taman jembatan Kertanegara. Di bawah bangunan tersebut terdapat taman baca yang sering dimanfaatkan oleh para pelajar di sekitar kota Tenggarong, karena di teman baca tersebut banyak menyediakan buku-buku untuk pelajaran sekolah.

3. Pulau Kumala
Obyek wisata Pulau Kumala yang terletak di tengah Sungai Mahakam merupakan taman rekreasi perpaduan antara teknologi modern dan budaya tradisional. Pulau seluas 76 hektar ini dulunya adalah lahan tidur dan semak belukar. Saat ini, sebagian area sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti sky tower setinggi 100 meter untuk menikmati keindahan dari udara, kereta api mini area permainan dan kereta gantung yang menghubungkan dengan daratan.





4. Lembuswana
Bermahkota bukannya Raja
Berbelalai, Bergading lainnya Gajah
Bersayap bukannya Burung
Bersisik lainnya Ikan
Bertaji bukannya Ayam
Binatang apakah ini???

Dialah
LEMBUSWANA


inilah ICON Kutai Kartanegara sesungguhnya..
mahluk yang dipercaya menjaga Kerajaan Kutai Kartanegara.
Lembuswana juga bs dilihat pada sisi ujung Pulau Kumala


patung lembuswana duduk ini sekarang dibongkar oleh pemerintah dan dibikin berdiri


5. Museum Mulawarman
Museum Mulawarman adalah istana dari Kesultanan Kutai Kartanegara dibangun pada tahun 1963sebagai pengganti Istana sebelumnya yang terbakar dan diresmikan pada tanggal 25 November 1971oleh Gubernur Abdoel Wahab Sjahranie, lalu diserahterimakan kepada Departemen Pendidikan dan Kebudayaan tanggal 18 Februari 1976
Museum yang sebelumnya adalah bangunan Keraton Kesultanan Kutai Kartanegara ini didirikan pada tahun 1932 oleh Pemerintah Belanda yang menyerahkan Keraton kepada Sultan Adji Muhammad Parikesit pada tahun 1935. Bahan bangunannya didominasi oleh beton mulai dari ruang bawah tanah, lantai, dinding, penyekat hingga atap. Di halaman depan Museum terdapat duplikat Patung Lembu Swana yang merupakan lambang Kerajaan Kutai Kartanegara. Arsitektur dari museum ini mengadopsi dari arsitektur tradisional Suku Dayak yang ada di Kutai.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar